1. Pemasaran sangat penting untuk sebuah perusahaan dan tergolong untuk penting dalam melihat keberhasilan penjualan dan distribusi perusahaan itu sendiri. Di dalam pemasaran sebuah produk tentu terdapat komunikasi dengan konsumennya dan yang digunakan adalah model komunikasi Schramm ataupun model komunikasi feedforward.
  2. Dalam industri terdapat manajemen pemasaran dan manajemen pasar. Manajemen pemasaran merupakan unsur keberhasilan dalam rencana bisnis. Sedangkan, peran manajer pemasaran untuk mengenalkan produk dan prospeknya.
  3. Rencana pemasaran dan komunikasi pemasaran terbagi menjadi empat bagian yakni :
  4. Produk : Produk apa yang akan dipasarkan
  5. Price : Dengan harga berapa produk tersebut dapat diperjualbelikan
  6. Place : Produk akan ditempatkan dimana untuk menjangkau konsumen
  7. Promotion : Bagaimana produk tersebut dipasarkan kepada konsumen
  8. Consumer : Konsumen yang menggunakan produk bersangkutan
  9. Cost : Biaya yang dikeluarkan oleh konsumen untuk membeli suatu produk
  10. Convenience:
  11. Communication :
  12. SOSTAC terbagi menjadi analisis situasi, tujuan yang objektif, strategi, taktik, implementasi dan pengawasan. Ini semua digunakan untuk keberhasilan penjualan pasar perusahaan.
  13. Strategi pemasaran akan menjadi panduan perusahaan memasarkan produknya kepada pasar.
  14. Komunikasi marketing terintegrasi (IMC) mencakup seluruh aspek komunikasi seperti pengiklan, humas, sales promotion, direct marketing. Contoh kegiatan IMC adalah Indonesian Idol.
  15. Penempatan produk dalam konten secara singkat diartikan sebagai menyelipkan produk iklan di dalam konten program biasanya dilakukan di sinetron atau infotainment.
  16. Strategi pemasaran lainnya yaitu branding yang merupakan cara menanamkan merek dalam benak konsumen. Kemudian, positioning ialah pembentukan identitas dalam benak konsumen. Adanya word of mouth konsumen menjadi agen penjualan untuk konten produk. Selanjutnya, cookies yaitu file terkecil di jaringan untuk memonitoring history konsumen yang biasanya dilihat di internet.
  17. Mendefinisikan pasar yaitu mendefinisikan konsumen. Dapat dilakukan dengan cara global market. Harus terdapat segmentasi konsumen. Biasanya terdapat daya tarik pemasaran.
  18. Daya tarik pemasaran terdapat empat bagian (yang telah disebutkan sebelumnya)
  19. Promotion tujuannya untuk penjualan dan pembelian. Sementara, marketing komunikasi digunakan untuk mengkomunikasikan produk dengan penanaman branding kepada konsumen.
Advertisements