Dalam sebuah organisasi media tidak hanya di tuntut untuk bekerja menghasilkan sebuah produk kreatif namun di balik itu semua ada bagian yang mengelola manajemen keuangan. Manajemen keuangan sangat perlu dalam organisasi media karena dalam sebuah industri kreatif tentu memerlukan inovasi dan tantangan untuk membayar karyawan dan membayar alat-alat/bahan produksi.

 

STRUKTUR UNTUK MENGELOLA KEUANGAN

Dalam sebuah perusahaan atau perusahaan besar, manajer keuangan tertinggi adalah kepala keuangan atau CFO. Dalam bisnis kecil, gelar posisi mungkin VP atau manajer keuangan dan akuntansi. Posisi lain dalam departemen keuangan seperti:

 

Credit Manager and Department

Menetapkan kredit untuk pembeli dari waktu iklan.

Collections Manager and Department

Memastikan perusahaan menerima uang karena itu untuk pembelian produk atau jasa.

Accounts Receivable Department

Menyiapkan dan mengirimkan tagihan uang perusahaan.

Purchasing Department

Melakukan penelitian untuk menemukan proposisi nilai terbaik untuk pembelian perusahaan dan isu-isu pesanan pembelian untuk mendapatkan item yang dibutuhkan.

Accounts Payable Department

Menulis cek untuk pembelian produk, program, peralatan, dan jasa dan posting faktur untuk buku besar.

Payroll Department

Proses mengumpulkan dan memelihara semua dokumen terkait dengan pembayaran karyawan, serta pajak dan manfaat.

 

Tanpa dukungan manajer keuangan semua produksi tidak akan berjalan dengan lancar. Karena pekerjaan merekalah yang mengatur jumlah pendapatan dan pengeluaran.

 

 

 

KONSEP KEUANGAN MENDASAR

terdapat 4 buah kalimat dasar sebagai sebuah dasar dari sebuah bangunan: Ekonomi, Pendapatan, beban dan Keuntungan. Seberapa besar bangunan tentang Pengaturan keuangan bergantung dari seberapa besar kita dapat mengerti ide-ide diatas. Perekonomian merupakan konten utama dari semua bisnis yang ada, termasuk didalamnya aspek kuangan. Per ekonomian adalah sebuah ilmu sosial yang meliputi pada produksi, distribusi, dan penggunaanya pada barang serta pelayanan yang ada. Ekonomi makro terfokus dengan seluruh sistem ekonomi yang ada, baik itu  dari tingkat internasional, tingkat nasional, ataupun setingkat lokal. Data yang dihimpun didalam ekonomi makro mendeskripsikan secara keseluruhan, seperti sebuah gambar dari bisnis yang sedang berjalan.

 

Sebaliknya, ekonomi mikro merupakan sebuah studi yang mempelajari tentang individual atau orang-orang yang menjalankan serta perilaku yang ada apakah mereka dalam tingkat distributor, penjual, pembeli ataupun konsumen. Sebagai hasilnya, ekonomi mikro sering berfokus pada menggolongkan dari pilihan yang ada, pilihan yang sudah dibuat, dan juga dampak dari pilihan yang diambil kepada pasar yang ada.

 

Pendapatan merupakan pemasukan uang dari sebuah bisnis yang diambil dari penjualan, penyewaan, ataupun izin dari sebuah produk dan juga pelayanan kepada konsumen. Pendapatan adalah pemasukan. Sebagai contoh, industri siaran seperti radio dan pertelevisian mendapatkan pemasukan dari iklan.

 

Model pendapatan berdasarkan penyewaan memiliki banyak persamaan dengan produk yang menawarkan penggunaan dalam jangka pendek, seperti mesin untuk memburning atau kendaraan yang disewakan (pendistribusian) model pendapatan ini menyerupai model penjualan konter ritel, dimana konsumen membeli produk dengan biaya yang sudah net/tetap dengan membawa pulang produk tersebut, dan juga digunakan sesuai apa yang mereka inginkan

 

Memerlukan uang untuk mendapatkan sebuah pemasukan. Pengeluaran adalah biaya –  dimana dalam sebuah bisnis, uang dibelanjakan untuk membuat atau mendapatkan produk, untuk memasukkan produk tersebut ke pasar, dan juga untuk biaya operasional dari hari ke hari. Biaya pendapatan dikategorikkan sebagai biaya yang dihabiskan atau digunakan khusus untuk mengumpulkan pendapatan.

 

Ada dua kategori besar dalam pengeluaran: bisnis atau biaya perdagangan, dan juga biaya modal. Biaya perdagangan adalah biaya yang dikeluarkan untuk oprasioal dari hari ke hari dari sebuah bisnis. Mereka memasukkan segala sesuatunya dari gaji, pemeliharaan, alat tulis, hingga biaya akomodasi taxi. Menurut U.S Internal Revenue Services.

 

Untuk dapat mengurangin pengeluaran, sebaiknya hal-hal yang penting atau mendesak dan juga hal-hal berdasarkan prioritas. Beban pengeluaran secara umum yang dapat diterima didalam sebuah perdagangan atau bisnis. Biaya yang dikeluarkan adalah salah satu langkah yang dapat membantu dan sesuai untuk mengembangkan perdagangan dan bisnis.

 

Perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif memiliki catatan untuk pengeluaran didalam bisnis atas pengeluaran dasar, sebagai pembandingan pengeluaran secara tunai yang berbasis akuntansi berarti bahwa pemasukan akan masuk kedalam laporan ketika uang tunai/kas masuk kedalam perusahaan (terjadinya transaksi), dan beban perusahaan yang akan dimasukkan kedalam laporan ketika kas atau terdapat pengeluaran. Sebaliknya, basis accunting akrual berarti bahwa pemasukan dimasukkan kedalam laporan secara berkala ketika perusahaan tersebut menghasilkan pemasukan, terlepas dari ketika perusahaan tersebut menerima, dan beban akan dikurangkan dalam periode fiskal, terlepas ketika mereka benar-benar mendapat bayaran.

 

Biaya modal yang mereka buat didalam pengeluaran digunakan untuk membeli sejumlah hal/item yang memiliki nilai aset seperti: bangunan, program aplikasi untuk perusahaan, teknologi, transportasi, dan juga milis. Pengeluaran biaya modal yang digunakan untuk belanja harus dapat dikurangi, karena kedepan akan dilakukan banyak perubahan dan perbaikan dalam bisnis yang berjalan.

 

Aset merupakan sebuah benda atau item yang memiliki nilai ekonomi untuk sebuah perusahaan atau organisasi. Aset yang ada saat ini dapat diubah dalam bentuk tunai secara mudah atau membutuhkan beberapa tahun ketika diperlukan (aset dalam jangka pendek, dimana aset tersebut dapat dijual dan cepat untuk mencairkan dananya). Aset jangka panjang merupakan item atau benda yang tidak mudah untuk dikonversikan menjadi uang tunai atau bisa dibilang memiliki jangka pakai yang lebih dari 1 tahun. Jenis aset jangka panjang termasuk modal yang besar, memiliki wujud dan fisik.

 

Aset modal adalah aset yang berwujud, terkadang disebut aset tepat, seperti properti, bangunan, perlengkapan, dll. Aset pajak tanggihan adalah pengeluaran untuk aset yang dilakukan dalam satu tahun dan dapat dikurangi dari keuntungan sebelum dilakukan penghitungan pajak di tahun berikutnya. Merek dagang, reputasi, dan aset nonfisik lainnya merupakan aset.

 

Banyak perusahaan media membutuhkan aset, yang terpenting adalah teknologi. Membeli kebutuhan teknologi merupakan sebuah langkah yang sulit, apalagi pada era digital saat ini, karena produk dengan cepat berganti trend dan juga berkembang, waktu yang membuat sebuah rencana pembelian menjadi lebih sulit dan juga beresiko

 

Kewajiban melampaui beban biaya. Dimana artinya semuanya adalah tanggung jawab perusahaan yang sudah diasumsikan, termasuk didalamnya hutang, pengeluaran, pajak, dan juga penggantian pinjaman oleh perusahaan. Didalamnya mencakup penilaian keuangan atau denda yang diakibatkan dari sebuah bisnis sebagai hasil dari proses hukum yang berjalan.

 

KUNCI LAPORAN KEUANGAN

Manajer menggunakan laporan keuangan utama, pada tabel 5-3, untuk membuat keduanya strategis (jangka panjang) dan keputusan operasional (jangka pendek). Investor menganalisis untuk mencapai keputusan tentang memasukkan uang ke perusahaan. Departemen pemerintah menggunakannya untuk mengatur dan untuk memperkirakan dalam memantau pajak pembayaran, serta untuk melaksanakan tanggung jawab badan khusus lainnya.

 

Laporan operasi (laporan keuntungan dan rugi)

Pernyataan Operasi ini lebih banyak dikenal sebagai Laba – Rugi. Setelah semua biaya dihitung, dalam dokumen terdapat berapa banyak uang keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan. Idealnya, dewan perusahaan direksi akan memutuskan berapa banyak untuk membayar perusahaan eksekutif berdasarkan profitabilitas. (Mengingat terakhir pasar keuangan mengalami penurunan, kompensasi eksekutif merupakan topik yang kontroversial, karena ada beberapa kasus di mana kompensasi tinggi, meskipun perusahaan itu berada pada ambang kebangkrutan.)

 

Menganalisis Laporan Laba Rugi Walt Disney Company, jelas bahwa perusahaan tersebut menguntungkan. WDC membawa banyak pendapatan: lebih dari $ 17 miliar pada kuartal pertama (dengan beberapa sisa-sisa dari tahun sebelumnya) dan lebih dari $ 9 miliar per kuartal setelahnya. Hal ini juga menghabiskan banyak untuk mendapatkannya lebih dari $ 15,2 miliar pada kuartal pertama dan sekitar $ 8 miliar pada berikutnya. (Perhatikan pada angka dalam kurung berarti kerugian, pengurangan, atau menurun; dengan kata lain, itu adalah negatif, sama dengan tanda minus.)

 

Laporan posisi keuangan (neraca)

Neraca memberikan gambaran tentang aset, kewajiban perusahaan, dan pemegang saham ekuitas, atau nilai dari kepemilikan mereka. Rumus untuk itu adalah: Aset = Kewajiban + Pemegang Saham Equity. Pernyataan itu mengasumsikan bahwa jika semua aset perusahaan yang dijual, semua kewajiban diselesaikan dan dibayar, dan sisanya uang tunai/kas yang dibagikan kepada pemegang saham, keseimbangan akan menjadi nol.  Termasuk aset dan tagihan yang lancar dan tidak lancar. Kewajiban termasuk biaya, pajak, dan tanggung jawab keuangan lainnya.  Keadilan pemegang saham adalah nilai saham perusahaan ditambah keuntungan atau kerugian yang terjadi dalam periode tertutup.

 

Laporan arus uang tunai/kas

laporan arus uang tunai/kas, pada Tabel 5-6, memberikan informasi tentang uang tunai/kas masuk dan keluar dari kas perusahaan. Pernyataan ini sedikit rumit untuk menganalisis, karena angka-angka menunjukkan apakah uang tunai/kas masuk atau keluar: positif angka berarti kas datang; Angka-angka dalam kurung menunjukkan bahwa kas keluar. Laporan Arus Kas Viacom mencakup 3 tahun, dari 2006-2008. Ini menunjukkan perusahaan menangani situasi ekonomi yang tidak stabil, mencerminkan kondisi ekonomi di ekonomi AS secara keseluruhan. Sepanjang itu, perusahaan melaporkan pendapatan relatif stabil, meskipun terjadi penurunan pada tahun 2008 sesuai dengan masalah di AS ekonomi.

 

Viacom menghasilkan sekitar sepertiga dari total pendapatan dari pengiklan terdapat efek negatif yang besar. Angka terdaftar di bawah persediaan (4.731.000) terjadi pada akhir tahun 2008 karena perusahaan memutuskan untuk menunggu dalam menjual iklan sampai kondisi pasar lebih baik. Persediaan dikatakan negatif karena, itu telah dijual, serta membawa uang tunai. Laporan keuangan tahun 2009 menunjukkan bahwa strategi itu berhasil, sebagai iklan dijual kemudian meraih 10 persen lebih dari itu akan lebih awal.

 

Meskipun pendapatan menurun, biaya operasi sama atau lebih tinggi. Perusahaan menanggapi dengan menurunkan investasi pada perusahaan lain tetapi membeli kembali beberapa saham sendiri. Pada tahun 2006 dan 2007, Viacom meminjam uang; di 2008 mulai membayar kembali, yang berefek negatif pada kas. Pada tahun 2008, lebih banyak pengeluaran daripada pemasukan.

 

 

 

 

SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN

Suatu program perangkat lunak (software) yang mengatur manajemen keuangan, telah ada selama lebih dari 20 tahun. Dalam aktivitas perusahaan stasiun TV dan Radio, program komputer telah dengan cepat merubah pencatatan bukti transaski iklan, pencatatan penjadwalan iklan yang sedang on air, dan juga pembukuan keuangan yang didapat dari pendapatan iklan suatu stasiun televise dan radio.

 

Pada masa sekarang ini, suatu system yang bekerja untuk setasiun TV dan radio harus terintegrasi dan saling berhubungan satu dengan lainya. Hal tersebut dibuat untuk memudahkan suatu bisnis penyiaran dalam melakukan control dan laporan terhadap situasi keuangan perusahaan. Sebagai tambahan pula, kini suatu setasiun TV dan radio merupakan anak perusahaan dari perusahaan multinasional besar yang bergerak tidak hanya dalam satu bidang bisnis saja (konglomerasi media), sehinga system hyang teritegrasi tersebut sangat membantu kebijakan perusahaan induknya dalam melakukan control, pengecekan dan pelaporan kondisi keuangan perusahaan TV atau radio yangs sedang dikelola.

 

Salah satu system software yang dapat dijadikan sebagai contoh dalam bisnis media TV dan radio adalah, Oracle PeopleSoft karena software ini mampu mengintegrasikan banyak fungsi dalam satu program. Program tersebut mampu bekerja untuk mengkomputerisasi (computerized) kontrak administrasi, melakukan system akunting perusahaan, melakukan penghitungan royalty terhadap pihak ketiga (penerimaan dan pengeuaran), modul keuangan perusahaan, workflow, billing material, komunikasi pemasaran, dan inventarisasi alat penyiaran. Program tersebut sangat menarik bagi perusahaan media massa, karena program tersebut mampu mengatur keuangan perusahaan melalui pengenalan dan identifikasi bentuk royalty yang dikeluarkan dan didapat, dan mampu mengurangi beban resiko terhadap pengeluaran sewaktu-waktu.

 

Sebagai tambahan dalam bisnis media massa, perusahaan media berhadapan langsung dengan beban biaya yang harus dikeluarkan terkait hak kekayaan intelektual, pembajakan konten, keamanan konten, dan Hak Managemen Digital (Digital Right Management). Dalam melakuakan pengamanan terhadap konten mereka yang berharga. Dalam kelanjutannya, dibutuhkan pula suatu proses operasional dan frameworks yang digunakan untuk mengontrol beban tersebut. Kontrol tersebut juga harus mampu mengatur pelacakan konsumsi data dan keamanan suatu konten. Hal tersebut dibutuhkan infrastruktur yang saling terintegrasi dan berkaitan dengan system keuangan perusahaan.

 

PENGELOLAAN KEUANGAN : STRATEGI PERENCANAAN DAN STRATEGI ANGGARAN

Perusahaan biasanya beroperasi pada bulan Januari hingga Desember atau Juli hinga Juni. Hal tersebut disebut sebagai fiscal year, atau masa produktif.       Dalam kehidupan bisnis, perencanaan dan penganggaran merupakan topik yang selalu dibahas oleh para pemangku kebijakan perusahaan pada setiap bulannya.

 

Dalam kehidupan perusahaan, strategi perencanaan berada dalam tahapan yang sangat penting dan besar. Perusahaan harus mampu melihat, bagaimana kondisi keuangan perusahaan, Seperti apa trend audience perusahaan, Di pasar mana sebuah perusahaan harus berkompetensi, bagaimana rencananya untuk mampu berkompetensi, teknologi apa yang dimiliki dan yang sedang menjadi sebuah trending, Bagaimana potensi penonoton, dan apakah ada perubahan segmen penontn, apa yang sedang perusahan lain lakukan, dan bagaimana SWOT analisisnya?

 

Sedangkan Strategi anggaran sangat terpengaruh dari strategi perencanaan.. Anggaran yang dikeluarkan harus mampu mewujudkan keseluruhan strategi yang digulirkan oleh strategi perencanaan. Selain itu, strategi perencanaan harus mampu melakukan perhitungan keuntungan, dan pengeluaran yang dibutuhkan dengan menyesuaikan terhadap kondisi pasar dan lingkungan.

 

Anggaran Utama dan Infrastruktur.

Dalam tahapan awal dari perencanaan perusahaan media, terdapat suatu analisis yang memperhitungkan dan mengelola asset utama perusahaan, yang terdiri dari Properti, Bangunan, Peralatan pendukung dan Konten yang dibutuhkan dalam melakukan produksi konten media. Biaya yang keluar untuk memperhitungkan asset tersebut diletakkan di tempat yang berbeda dalam penghitungan anggaran rutin. Perusahaan melakukan penghitungan angaran yang dimasukan dalam satu jenis anggaran yang besar karena, resiko kehilangannya yang cukup kecil dan rasio pengunaan yang dapat diukur mengunakan jangka waktu yang cukup lama

 

Anggaran untuk Pembuatan Konten

Dalam perusahaan media massa, dikenal dua tipe pembuatan konten. Yaitu, projek yang selalu berlangsung (continuing projects) dan produksi sekali waktu (one-off projects). Perbedaan yang dilakukan oleh perusahaan lebih kepada strategi pemasaran produk tersebut. Dalam project yang selalu berlangsung (continuing projects), penonton seringkali sudah dapat ditebak, dan biaya produksi produk juga sudah dapat dihitung beserta dengan rasio keuntungannya, sehingga bagi perusahaan keuntungan, pengeluaran beserta resiko yang dapat diprediksi membuat perusahaan memberikan subsidi pemasaran yang cukup besar terhadap proyek ini.

 

Pelaporan Anggaran Bulanan

Para keuangan haruslah selalu melaporkan hasil keuangan pada tempo tertentu kepada perusahaan, biasanya dilakukans setiap bulan atau per tiga bulan.Akan tetapi mayoritas organisasi dan perusahan melakukan pelaporan setiap 1 bulan sekali. Pelaporan yang selalu dilakukan mempengaruhi strategi pemasaran beserta strategi perencanaan perusahaan pada suatu tempo masa tertentu. Biasanya laporan yang dilakukan secara periodic juga mampu memberikan tingkat keberhasilan perusahaan dalam memasarkan produk kepada penonton.

 

STRATEGI KEUANGAN

Setiap perusahaan beserta pengusaha harus memiliki strategi keuangan tertentu untuk mengatur setiap uang yang dikeluarkan dan bagaimana cara mengelolanya. Dalam konsep media massa, setidaknya dikenal empat jenis strategi keuangan, yaitu:

 

  1. Bagaimana Cara Mendapatkan Uang
  2. Bagaimana Cara menyimpan uang
  3. Bagaimana cara mengandakan uang
  4. Dan bagaimana mengatur pajak
Advertisements