Resume by Group 4

Presented by Group 1

Selasa, 14 Februari 2017

Dari tahun ke tahun, industri media berkembang dan semakin canggih. Sebuah industri media tidak lepas dari peran manajerial.

Karakteristik Media :

  • Menghabiskan waktu

Seseorang perlu meluangkan waktu tertentu untuk mengakses informasi yang disajikan oleh media, khususnya pada media analog.

  • Isi atau konten media merupakan hal yang dekat dengan kehidupan

Konten yang disajikan media seringkali melihat budaya lokal maupun isu yang berkembang di kehidupan masyarakat.

  • Isi atau konten media menjadi gaya hidup masyarakat

Tak hanya mengikuti pasar, seringkali media juga membentuk gaya hidup dan opini masyarakat. Biasanya hal ini terjadi dari tayangan fiksi seperti sinetron dan film. Masyarakat menjadi merepresentasikan kehidupan ideal semata-mata adalah pada standar yang digunakan media.

  • Mempengaruhi pola pikir masyarakat dengan efek jangka panjang

Dengan adanya informasi setiap harinya, maka pola pikir masyarakat akan terbentuk sesuai dengan apa yang ditampilkan oleh media dan efeknya dalam jangka panjang.

STRUKTUR

Peran manajerial sangat penting, memperoleh berbagai informasi mengenai medianya dari audience (citra, keluhan, dsb) tugasnya memberikan masukan pada perusahaan

Memperoleh informasi dari berbagai sumber

Ukuran Industri dan Komposisi

4 Komponen Pembentuk Industri Hak Cipta

  • Core Industri : memproduksi, menciptakan, menjadi bagian inti dari industri tersebut
  • Partial Copy
  • Support Industry

Film Entertainment

Banyak industri media saat ini membuat film menggunakan teknologi dengan konten yang baik yang sesuai dengan minat masyarakat.

Jaringan siaran TV dan TV Kabel

  1. Sumber pendapatan berasal dari iklan
  2. DVD menambah pendapatan secara bertahap
  3. Penonton terpecah

Sensitifitas terhadap perubahan teknologi terbagi menjadi beberapa bagian:

  1. Pergantian konten dari yang dulu sesuai dengan apa yang diinginkan perusahaan sampai mengikuti pangsa pasar
  2. Perubahan platform media
  3. Kesempatan untuk industri media

 

 

Radio

  • Salah satu industri media yang saat ini cukup sulit berkembang. Hal ini salah satunya dikarenakan pengiklan yang semakin menurun. Kemudian adanya keseragaman antar-radio sehingga persaingan semakin ketat

Iklan Internet dan Akses yang digunakan

Dewasa ini sangat cepat berkembang, dikarenakan kemudahan (simple) dan cukup efektif digunakan untuk mengiklan. Diakui pula oleh pengusaha iklan internet, bahwa bisnis media ini menjadi pilihan namun sangat bergantung pada broadband.

Video Game

Terjadi siklus dalam bisnis video game ini, karena sifatnya sangat dinamis. namun keuntungan bisnis media ini adalah adanya ketagihan bagi para gamers untuk terus men-download fitur-fitur baru dalam game. Namun terjadi siklus yang menuntut pengusaha video game untuk terus dinamis, contohnya peralihan dari nitendo ke game online.

Publikasi

Tercipta inovasi dalam hal publikasi, contohnya adalah publikasi digital. Saat ini publikasi cetak dirasa kurang diminati, karena masyarakat telah terbiasa dengan hal-hal berbasis digital atau elektronik. Maka publikasi pun bersifat dinamis dan mengikuti perkembangan jaman, salah satunya adalah inovasi publikasi melalui media digital

Sensitifitas Terhadap Perubahan Teknologi

Manajer harus mempelajari teknologi untuk mempertahankan industri medianya. Hal ini dikarenakan persaingan industri media yang semakin dinamis dan adanya persaingan ketat. Maka perlu dilakukan berbagai inovasi untuk menunjang industrinya

 

Meledaknya Global Internet

Dengan adanya internet, distribusi media menjadi lebih mudah. Selain itu, dapat menjangkau ke seluruh pelosok selama daerah tersebut terjangkau oleh internet. Kemudian, memudahkan segmentasi. Hal ini sangat nampak pada kasus marketplace, ada segmentasi yang jelas pada setiap lini.

Pengukuran lebih akurat dari pada rating. Karena sifatnya personal, dapat diidentifikasi segmen masyarakat yang mengakses sebuah situs.

Dari Mendorong Menjadi Menarik

Hal ini adalah kebalikan konsep dari televisi atau radio. Mereka memusatkan pendengar atau pemirsa untuk mengonsumsi tayangan mereka. Namun pada internet, pemirsa lah yang mengontrol kontennya saat ini, ada dua jenis agenda : Agenda Publik dan Agenda Media. Berbeda pada jaman dahulu dimana agenda media menjadi angenda publik (agenda setting). Salah satu contoh nyatanya adalah trending topic, sehingga malah terkadang media yang mengikuti agenda publik.

Format Digital Menggantikan Format Fisik

Cocok untuk konsumen dinamis, berkaitan dengan kemudahan mengakses dengan waktu yang cukup fleksibel.

Tidak Mengenal Ruang dan Waktu

Salah satunya pada jaringan wireless, sangat menghemat waktu. Orang tidak lagi harus menyesuaikan waktunya untuk mengakses informasi tertentu. Dengan adanya internet, informasi dapat diakses sewaktu-waktu dengan waktu yang lebih fleksibel.

Distribusi Global, Keberagaman Lokal

Dengan adanya fakta bahwa masyarakat semakin gencar menggunakan internet, mendorong para pengusaha media untuk melakukan distribusi global. Salah satu contohnya adalah mengembangkan siaran hingga ke mancanegara melalui TV kabel, dan lain sebagainya

Pembagian Konten

Pemisah antara informasi dan hiburan, pada saat ini sudah mulai samar. Hal ini karena tantangan persaingan bisnis yang semakin ketat, maka para pengusaha media berlomba untuk menaikkan minat pemirsa. Tayangan antara komedi dan informasi penting saat ini sudah samar pemisahnya, mereka berlomba untuk menarik pemirsa dan mempertahankan acaranya.

Sensitifitas terhadap Budaya, Sosial, Ekonomi, dan Tren Politik

Dalam melakukan siaran, sebuah media harus memahami konteks lokal dimana ia beroperasi. Hal ini berhubungan dengan kearifan lokal maupun isu-isu yang bergejolak di daerah bersangkutan. Namun, media seringkali malah menjadi penggerak opini dan menciptakan sebuah isu-isu baru. Hal ini berkaitan dengan konglomerasi media.

Berkaitan dengan aspek bisnis, saat ini media mengandalkan industri kreatif. Jika tidak mengusung kreatifitas, maka mereka akan kalah bersaing. Maka yang ditekankan adalah profesionalitas dalam kreatifitas untuk mempertahankan pasar.

Advertisements